Skip to main content

Anak Saya Nanya Terus, Saya Bingung Musti Jawabnya Gimana. Pertanyaannya Kritis Banget!


Hasil gambar untuk toddler asking why



Ma, meninggal itu apa? Mengapa nenek dimasukkan ke tanah?
Ma, ikan tidurnya kok gak merem sih?
Kenapa rambut Kakek putih, sedangkan rambutku hitam?
Kenapa orang yang udah besar harus menikah?

Moms pernah ditanyakan pertanyaan-pertanyaan di atas oleh anak Moms? Dan moms bingung menjawabnya?

Ketika anak kita balita, akan banyak pertanyaan-pertanyaan yang keluar dari mulutnya. Mereka bukan sengaja mau menanyakan itu, namun mereka bertanya karena mereka memang benar-benar belum tahu dan mengenal dunia ini. Yang mereka bisa tanyakan mengenai dunia ini hanya bisa ke bunda, ayah, dan saudara terdekatnya saja. Apabila kita sebagai orang terdekatnya salah menjelaskan, dan anak kita mendapat informasi yang berbeda dari pihak lain, bisa-bisa anak kita tidak percaya lagi dengan ucapan kita.

Oleh karena itu kita sebagai orang tua sebaiknya meng-upgrade diri kita dengan berbagai informasi mengenai pendidikan dan perkembangan anak, salah satunya dengan membaca buku.

Buku yang saya rekomendasikan kali ini adalah berjudul : "Balita bertanya, Anda Menjawab" karangan Pritha Khalida & Sianiwati Sunarto Hidayat.


Hasil gambar untuk balita bertanya anda menjawab

Buku ini saya dapat ketika saya sedang hunting buku-buku parenting situs online. Ternyata isinya bagus moms!

Satu pertanyaan anak saya yang paling saya ingat : "Ma, papa bisa hamil? Dulu Gaby lahirnya dari mana?" Mati kutu dah mau jawab apa 😓.

Kalau dulu ketika saya belum membaca buku ini, saya hanya kepikirannya menjelaskan secara teori yang hanya bisa dimengerti oleh orang dewasa seperti menjelaskan istilah seksual, sperma dan sel telur. Untungnya ketika anak saya bertanya, saya sudah nyolong start duluan, sudah baca buku ini, jadi saya bisa jawab pertanyaan anak saya. Jika anak Moms menanyakan hal ini, Moms cukup menjawab : Karena Tuhan menciptakan laki-laki dan perempuan. Tuhan memberikan rahim kepada perempuan untuk bisa hamil dan mempunyai keturunan, sedangkan tidak ada pada laki-laki. Jadi Gaby lahir dari rahim di perut mama.

Simple ya jawabannya? Tapi kalau kita tidak ada persiapan sebelumnya, bisa jadi kita keringat dingin dengan pertanyaan kritis yang diajukan oleh anak balita 😣
Ada banyak pertanyaan lainnya yang biasa ditanyakan oleh balita kita yang dibahas di buku tersebut.

Apabila Moms tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh anak Moms, janganlah mengatakan "Bunda tidak tahu". Namun jawablah dengan "Bunda belum tahu, nanti kita cari tahu sama-sama ya". Karena apabila Moms mengatakan tidak tahu, Moms bisa mematikan rasa ingin tahu anak Moms, jadinya perkembangan otak anak Moms tidak dapat berkembang maksimal.

Ingatlah selalu Moms, kita harus menjadi orang tua yang pembelajar, agar kita bisa menghasilkan anak yang pembelajar juga.

Saya juga awalnya tidak suka baca buku, tapi saya paksa diri saya agar saya sempatkan baca buku, entah ketika anak saya sedang tidur/sedang dalam perjalanan ke kantor. Hal ini dikarenakan saya selalu ingat dengan kata-kata Andrie Wongso : "Kalau kita tidak keras dengan diri sendiri, maka dunia yang akan keras dengan kita". Jadi saya percaya, pasti selalu ada jalan yang baik bagi orang yang berusaha.

So Moms, monggo dicoba baca buku ini ya. Dan di share jika artikel ini dirasa bermanfaat.


* Monggo untuk follow juga blog saya untuk mendapatkan inspirasi lainnya :)


Baca juga :

1 Hal Wajib Dilakukan Working Mom

Tips dan Trik Sebagai Working Mom

Menjadi Working Mom? Why Not

Comments

Popular posts from this blog

Kesaksian Bertumbuh Dalam Komunitas Pemurnian Hati

Putar lagu ini sebelum membaca 15 Mei 2024 Jam 5 pagi saya bermimpi ada tulisan di depan saya, intinya saya tidak boleh bersaksi akan Yesus..badan saya sampai gemetar...untungnya suami saya membangunkan saya, karna dia tau saya harus masak dan siapkan bekal untuk anak sekolah.. Seumur2 saya tidak pernah bermimpi seperti itu, dan jarang sekali saya mimpi. Hingga kemudian saya bertanya ke Bu Fila. Saya : Mimpi saya itu cuma mimpi aja yg ga akan terjadi, atau mimpi itu akan jd kenyataan bu klo kita bersaksi? Bu Fila : Itu hanya intimidasi alam roh krn si jahat akan berusaha menggagalkan pekerjaanNya, sblm u berhasil melakukan. Tapi ketika u berhasil memenangkan peperangan ini mrk akan mundur. Artinya kesaksian u akan sgt berdampak bagi jiwa. U ada kesaksian apa ren Saya : Kesaksian tulisan yg akan saya bikin jd naskah dialog drama/film, di mana dalam naskah itu nantinya Ci Lina akan ada bawakan suara byk emosi yg main : emosi sedih, menangis, gembira dan kemenangan. Mggu lalu 3 hari saya

Lepaskanlah Ini Agar Hidupmu Menjadi Damai!

(Play lagu di atas sebelum mulai membaca) Illustrasi suami yang memukul isterinya Tahun 1971, surat kabar *New York Post* menulis kisah nyata tentang seorang pria yang hidup di sebuah kota kecil di White Oak, Georgia, Amerika. Pria ini menikahi seorang wanita yang cantik dan baik, sayangnya dia tidak pernah menghargai istrinya. Dia tidak menjadi seorang suami dan ayah yang baik. Dia sering pulang malam dalam keadaan mabuk, lalu memukuli anak dan isterinya. Suatu malam, sang suami memutuskan untuk mengadu nasib ke kota besar di New York.  Dia mencuri uang tabungan isterinya, lalu bergegas naik bus menuju ke utara, ke kehidupan yang baru. Bersama beberapa temannya, dia memulai bisnis baru. Untuk beberapa saat dia menikmati hidupnya. Seks, judi, mabuk-mabukan, dia menikmati semuanya. Bulan berlalu, tahun berlalu. Bisnisnya gagal dan dia mulai kekurangan uang. Lalu dia mulai terlibat dalam perbuatan kriminal. Ia menulis cek palsu dan menggunakannya untuk menipu uang orang. Naas, suatu h

Berhati-Hatilah! Orang Ini Salah Meminta, Hingga Hidupnya Menjadi Seperti Ini

Illustrasi suasana pesta Pada suatu hari, hiduplah seorang Raja yang senang sekali mengadakan sebuah pesta. Pesta yang diadakan Raja begitu sangat meriah. Tamu undangan pun berdatangan dari berbagai penjuru. Namun, lebih istimewa lagi karena Raja mengundang para Dewa dalam pesta tersebut. Semua makanan dan minuman dihidangkan. Mereka semua bersuka ria. Akhirnya, pesta pun selesai. Semua tamu pulang dengan membawa banyak hadiah yang diberikan oleh Raja. Namun, salah satu dewa yang datang di pesta tersebut menghampiri sang Raja. “Midas, katakanlah apa yang dapat kulakukan untuk mengungkapkan rasa terima kasihku padamu karena telah mengundangku dalam pesta ini? Aku seorang dewa, oleh karena itu aku dapat mewujudkan apa saja yang menjadi keinginanmu!”, katanya. Raja berpikir sangat keras. Namun, karena dia sangat menyukai emas dan ingin lebih kaya, Raja pun meminta, “Kumohon padamu agar apapun yang kusentuh berubah menjadi emas.” “Baiklah akan kupenuhi permintaanmu,” kata d