Skip to main content

Working Mom, 1 hal wajib dilakukan ketika sampai di rumah

Hi Moms,

Mungkin sebagian besar dari  working moms pernah merasakan bersalah meninggalkan anak karena bekerja.. Lalu berpikir, apa yang harus saya lakukan ke anak saya untuk menebus waktu bertemu yang hanya sebentar saja.


Jawabannya hanya 1 : Membacakan buku untuk anak kita.


Ini berdasarkan pengalaman saya pribadi. Jadi ketika saya pulang kantor, setelah mandi, saya biasanya langsung mengajak anak saya ke kamar. Saya tanya ke anak saya, "Kamu mau baca buku yang mana". Setelah itu biasanya saya minta anak saya untuk mengambil buku dari rak nya. Buku favorit anak saya adalah "I love you Dad". Ketika kita membacakan buku untuk anak kita, rasanya kita jadi bisa menebus waktu kita yang sedikit bersama anak. Karena dengan membacakan buku, kita jadi mengajarkan moral pada anak, dan ini akan membekas di diri anak. Moral ini lah yang nantinya secara tidak langsung akan membentuk karakter anak. 


waktu yang berkualitas adalah keharusan bagi working mom


Buku yang saya beli untuk anak saya pun saya lihat content nya dulu. Jika content dan moralnya bagus, baru saya beli. Biasanya buku yang disukai oleh anak-anak adalah mengenai hewan/fabel dan yang banyak gambarnya juga...hehehe

Hampir setiap kali ketika pergi ke mall, saya selalu mampir ke Gramedia dan mengajak anak saya untuk mencari dan membeli buku yang baru. Sebab dengan membaca buku, kita jadi tidak perlu marah-marah untuk menasehati anak. Cukup kita cari buku sesuai dengan topik yang ingin kita menasehati anak.

Contohnya, belum lama ini saya membeli buku "Aku Bisa Bersiap Tidur Sendiri". Dalam buku ini dibahas, apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum tidur, mana hal yang baik dan tidak baik untuk dilakukan. Saya juga jadi tidak perlu marah-marah menasehati anak saya untuk sikat gigi sebelum tidur, merapikan tempat tidur..karna di buku ini sudah dibahas. Jadi saya cukup menekankannya saja.




Namun, moms juga harus ingat, Anak kita itu suka meniru. Oleh karena itu, sering-seringlah Moms terlihat sedang membaca di depan anak, supaya kita bisa menjadi contoh yang baik bagi mereka.
Kalau saya sendiri, biasa saya sempatkan waktu sekitar 15 menit ketika sampai di kantor untuk membaca buku. Atau saya membaca buku di perjalanan ke kantor ketika naik Gojek.

Saya pun awalnya tidak suka membaca. Namun saya paksa diri saya. Saya harus keluar dari comfort zone. Saya harus update terhadap perkembangan pendidikan saat ini. Jika tidak, maka saya akan medidik anak saya dengan didikan jaman dahulu dan pastinya akan tidak baik untuk perkembangan anak saya. " Jika kita lunak pada diri sendiri, maka dunia akan keras kepada kita. Sebaliknya jika kita keras pada diri sendiri, maka dunia akan lunak kepada kita", Andrie Wongso.



So moms, supaya kita bisa menjadi orang tua yang baik, maka keluarlah dari zona nyaman kita ya... 


"If you want your children to be intelligent, read them fairy tales", Einstein












Comments

Popular posts from this blog

Baikkah Jalan Pintas Itu?

Putar lagu ini sebelum membaca... Renungan Yoh 10:1-10   Dalam hidup ini, Anda pasti pernah merasa lelah dengan proses atau peristiwa berulang yang berlangsung terus menerus. Misalnya Sebagai karyawan, Anda merasa lelah diberi pekerjaan yang tiada habisnya, sebagai pelajar, Anda lelah diberi tugas atau ujian yang banyak bahannya, sebagai istri, Anda lelah melihat suami Anda yang suka main game sepanjang hari, sebagai suami, Anda lelah melihat istri Anda yang mengomel terus setiap saat. Sehingga Anda berpikir untuk melakukan jalan pintas dan instant, seperti membuat contekan untuk ujian, ke dukun supaya bos Anda menurut dengan Anda atau supaya pasangan Anda berubah. Sadarkah Anda, jika hal itu pernah Anda lakukan, Anda mengikuti arah yang salah. Siapapun yang datang tidak melalui Dia, hanya berniat untuk mencuri, membunuh dan membinasakan. Akan selalu banyak cara yang dapat memisahkan Anda dari Yesus. Segala sesuatu yang kelihatan “nikmat” belum tentu baik di mata Allah. Segala sesuat